Close

March 15, 2019

Data Enthusiast Day 2019 : Pelatihan dan Visualisasi Data Desktop Specialist

Pada tanggal 25 – 27 Februari 2019 lalu, Program Studi Informatika Universitas Paramadina diungang untuk menghadiriacara Data Enthusiast Day 2019 di Hotel Aston, Jakarta Selatan. Acara ini diselenggarakan oleh Cybertrend Data Academy yang berkomitmen untuk memberikan pelatihan terkait Data Science dalam upaya mendukung pertumbuhan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berstandar Internasional.

Pada tahun 2020 dunia akan menghasilkan 50 kali jumlah data seperti tahun 2011 dan 75 kali jumlah sumber informasi (IDC, 2011). Hal tersebut menimbulkan peluang besar untuk kemajuan manusia dengan kekuatan data. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu perangkat lunak visualisasi data, yaitu Tableau. Perangkat lunak ini membantu manajemen dalam mempercepat pengambilan keputusan berdasarkan visualisasi data. Tableau mengambil sumber data berupa table dari berbagai tipe data dan diolah sehingga dapat divisualisasikan sesuai kebutuhan.

Pelatihan ini dirancang untuk para pemula pengguna Tableau. Pelatihan ini  bertujuan membantu peserta memahami dan menggunakan konsep-konsep dan teknik-teknik penting yang ada di Tableau. Selama 3 hari pelatihan berlangsung, peserta diberikan teknik membuat visualisasi dimulai dari yang sederhana sampai dengan kompleks dan belajar bagaimana menggabungkan dashboard yang interaktif. Selain itu, peserta juga diberikan contoh-contoh soal ujian sertifikasi “Dekstop Specialist” beserta pembahasannya. Universitas Paramadina, diwakili oleh salah satu dosen tetapnya, Bapak Hadi Utomo. Pelatihan ini juga dihadiri peserta dari kampus lainnya seperti Universitas Bina Nusantara, Universitas Lampung, Swiss German University, Universitas Budi Luhur, Universitas Indonesia (FASILKOM), dan lain-lain. Pelatihan ini diharapkan dapat membentuk individu yang dapat membantu perusahaan atau organisasi tempat masing-masing peserta berasal untuk bertahan dan tumbuh dalam era industri 4.0 dimana perubahan ekonomi dan persaingan bisnis semakin ketat.