Human Computer Interaction (HCI) adalah sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. Saat kita menggunakan komputer, kita sedang berinteraksi dengan komputer. Di waktu ini kita sedang memberikan perintah kepada komputer, dan sistem komputer menerima perintah kemudian ditanggapinya hingga pekerjaan kita selesai. Definisi HCI, Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.

Mata kuliah ini merupakan kuliah pengenalan terhadap Human-Computer Interaction (HCI), sebuah disiplin ilmu yang mencakup desain, evaluasi dan implementasi dari sebuah sistem komputasi untuk digunakan oleh manusia dengan mengacu pada studi fenomena utama disekelilingnya. Mata kuliah ini mempertimbangkan sifat HCI yang secara inheren merupakan gabungan dari berbagai macam disiplin ilmu lainnya serta peranannya dalam konteks sosial dan dalam organisasi. Mata kuliah ini akan membahas sekilas mengenai teori dari psikologi manusia, prinsip-prinsip sistem komputer dan desain antarmuka pengguna, metodologi untuk mengembangkan HCI yang efektif bagi sistem informasi dan masalah yang terkait dengan penggunaan teknologi untuk tujuan yang berbeda.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa overview dari seluruh bidang HCI dengan membahas beberapa aspek utamanya. Siswa akan memiliki kesempatan untuk menggali lebih dalam topik yang dianggapnya menarik. Secara umum siswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan HCI dan User Interface/ User Experience (UI/UX) pada masyarakat umum,
2. Menjelaskan dasar kognitif dari HCI dan proses desain yang berorientasi pada user
3. Mengumpulkan dan mengerti kebutuhan user
4. Mendesain dan mengevaluasi UI dengan kompleksitas rendah dan medium
5. Berkomunikasi secara efektif mengenai desain dan evaluasi
6. Mendiskusikan beberapa masalah riset yang belum terselesaikan dalam lingkup HCI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *