Close

Desember 23, 2018

IP ROUTING 2018 : The Root of Our Existence

Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Paramadina dalam acara IP Routing 2018

Jumat-Sabtu, 23-25 November 2018, HIMTI (Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMTI) Universitas Paramadina melaksanakan IP ROUTING (Informatika Paramadina Tour and Gathering). Acara dilaksanakan di Villa Input, Cisarua, Bogor dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Paramadina yang sekaligus menjadi anggota HIMTI. Tema yang diusung tahun ini adalah “The Root of Our Existence”, dengan maksud bahwa akar dari keberadaan HIMTI adalah sebuah kebersamaan.

IP ROUTING merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh HIMTI. Diselenggarakannya acara ini guna memupuk dan menumbuhkan rasa kekeluargaan, solidaritas dan kesamaan visi serta tujuan setiap anggota HIMTI. Kesatuan, kesamaan visi, dan semangat kolektifitas merupakan hal – hal yang penting pada sebuah organisasi untuk bertahan dan berkembang. Setiap anggota harus memiliki kedekatan, diawali dengan perkenalan diri tiap anggota, berbincang-bincang dalam suatu forum santai, hingga terjadi obrolan yang lebih formal.

Acara dibuka secara resmi oleh Bapak Anwar Fuadi selaku perwakilan dosen Program Studi Informatika Paramadina dan Dea Oktaviani selaku ketua acara. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok dan game “seberapa tahu kamu?”, tebak gambar, dan gerakan seirama. Kegiatan yang dilaksanakan dihari pertama bertujuan untuk melatih kekompakan antar kelompok dan menguji seberapa kenal setiap anggota dengan anggota lainnya.

Dihari kedua, semua kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan outdoor. Adapun game-game yang dimainkan antara lain : lomba makan kerupuk, balap sarung, komunikasi data, tebak gaya, voli air, benteng air, dan mencari koin di dalam air. Cuaca hujan dan suhu yang sangat dingin saat itu tidak menyusutkan semangat peserta untuk tetap bermain. Karena hujan tak kunjung berhenti hingga malam hari, maka kegiatan dilanjutkan di dalam villa. Peserta mengobol santai di ruang tengah untuk menambah keakraban antar anggota.

Dihari ketiga pada dini hari, peserta melakukan renungan malam ditemani api unggun untuk menghangatkan ditengah suhu yang dingin. Dipandu oleh Muhibbudin (alumni ) sebagai moderator, semua anggota wajib menuangkan segala perasaan dan aspirasi. Hal tersebut bertujuan untuk melatih keterbukaan antar anggota untuk kesamaan visi dan kemajuan HIMTI. Acara dilanjutkan pada pagi hari. Setiap kelompok harus berdikusi untuk merancang ide kegiatan Pengabdian Masyarakat yang juga akan dilaksankan oleh HIMTI dan dilanjutkan dengan rapat besar HIMTI. Acara ditutup dengan pengumuman kelompok terbaik peraih bintang terbanyak selama kegiatan.

IP ROUTING selalu berhasil menambah keakraban setiap anggota HIMTI, terutama para mahsasiswa baru yang sebelumnya belum terlalu kenal dengan anggota lainnya. Makna yang terkandung pada setiap kegiatan yang dilaksanakan pada IP ROUTING adalah sebuah harapan agar segala kebersamaan yang terjlin selama kegiatan dapat direalisasikan di dalam HIMTI. Saat hal-hal tersebut telah tumbuh dalam organisasi, maka kinerja semua anggota juga akan semakin tinggi dan akhirnya organisasi tersebut akan berkembang dan maju.