Close

March 27, 2019

Lab Baru Prodi Informatika: Bisa Bikin Game Sepuasnya?

 

Dimulai dari tahun 2017, perkembangan potensi industri game di indonesia mulai terlihat. Pada saat itu, industri game Indonesia berada pada posisi ke-16 dalam daftar pasar game terbesar di dunia (versi Newzoo) dengan jumlah pemain hingga 43,7 juta dan potensi penghasilan mencapai US$880 juta (sekitar Rp11,9 triliun). Hal tersebut akan memberikan dampak positif dan juga tantangan di masa yang akan datang untuk industri game di Indonesia. Dikutip melalui wartaekonomi.co.id, menurut Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), kontribusi pengembang lokal terhadap industri game Indonesia hanya 5% pada 2017, jumlahnya turun dari 2016 yang sebesar 9,5%. Itu terjadi karena ukuran pasar membesar, namun, jumlah pengembang tidak bertambah.

Program Studi Informatika Paramadina melihat kondisi tersebut sebagai peluang untuk menciptakan para developer game baru berkualitas untuk industri game Indonesia dengan membuka peminatan khusus di bidang Game Industry. Di dalamnya, mahasiswa akan belajar memahami sejarah dan perkembangan industri game terupdate, mendalami metode perancangan game yang bernilai jual dan mempelajari metode pembuatan game yang baik. Terdapat 3 mata kuliah yang wajib di ambil oleh mahasiswa peminatan tersebut yaitu : Fundamental of Game Industry, Game Design, dan Game Programming. Tentu saja dengan tenaga pendidik yang professional di bidang tersebut.

Guna mendukung proses belajar-mengajar tersebut, pada tanggal 6 Maret 2019 lalu, Prodi Informatika dan PT. Era Reportama Nusantara melakukan penadatanganan kerja sama dalam penyediaan fasilitas perangkat PC untuk kelengkapan laboratorium khusus untuk mata kuliah Game Industry. PT. Era Reportama Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi yang menawarkan berbagai ragam layanan berbasis teknologi untuk membantu para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1999, memiliki misi yaitu menjadi salah satu perusahaan dengan solusi yang terbaik sesuai dengan kebutuhan pada sistem Software, Hardware yang terintegrasi dan area jaringan internet bagi pelaku usaha seluruh Indonesia.

PC yang disediakan di lab yang terletak di gedung C Universitas Paramadina ini merupakan PC dengan aspek yang mendukung proses pembuatan game sehingga mahasiswa dapat belajar dengan efektif. Hal tersebut tentu saja merupakan kabar baik bagi para mahasiswa yang mengambil peminatan tersebut. Namun, guna menjaga kondisi lab agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang, lab hanya dibuka jika terdapat mata kuliah saja, yang artinya lab tidak terbuka sepanjang waktu apalagi untuk bermain game. Prodi Informatika berharap, penyediaan fasilitas tersebut dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa sehingga tujuan untuk melahirkan developer-developer game yang berkualitas dapat terwujud.