Close

March 8, 2019

Seminar “Introduction of Raspberry Pi For High School Robotics Extracurricular”

Senin, 7 Januari 2019 lalu, Program Studi Informatika Universitas Paramadina mengadakan seminar “Introduction of Raspberry Pi For High School Robotics Extracurricular” di Aula Nurcholis Madjid Universitas Paramadina. Para pembicara merupakan dosen Program Studi Informatika Paramadina yaitu Bapak Harry T.Y Achsan dan Bapak Dikara Barcah serta dimoderatori oleh Bapak Diki Gita Purnama. Seminar dihadiri oleh siswa-siswi SMA Jakarta Selatan dengan didampingi oleh guru masing-masing dimana mereka merupakan target utama dari seminar ini. Selain siswa dan guru, seminar juga dihadiri oleh para mahasiswa dan peserta umum lainnya.

Raspberry Pi adalah single board computer, yang dikembangkan oleh Raspberry Pi Foundation, terutama untuk mempromosikan pengajaran ilmu komputer di sekolah. Model pertama dirilis pada tahun 2008 Februari 2012. Sejak itu Raspberry Pi telah mendapatkan popularitas tidak hanya di antara siswa (yang merupakan target pasar), tetapi juga orang lain di berbagai bidang, seperti robotika. Popularitas Raspberry Pi di Indonesia dapat dikatakan cukup popular bagi para pecinta teknologi [1]. Melihat IoT (Internet of Things) saat ini merupakan tren teknologi yang tengah berkembang di era digital. Raspberry Pi yang mengusung konsep komputer mungil, dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan, salah satunya adalah perangkat IoT.

Pengetahuan siswa dan masyarakat Indonesia mengenai perangkat IoT dipandang penting, mengingat saat ini inovasi teknologi telah marak seiring perkembangan jaman digital yang pesat. Melalui seminar ini, Program Studi Informatika Universitas Paramadina hendak memperkenalkan perangkat Raspberry Pi tersebut kepada masyarakat, khususnya siswa dan guru, sebagai alat praktik pada ekstrakurikuler robotika di sekolah. Hal tersebut dapat menjadi langkah awal melatih kreativitas siswa dibidang programming sejak dini. Dengan harapan Indonesia dapat mencetak lebih banyak teknologi baru karya anak bangsa yang diakui oleh dunia.

Referensi :

[1] C. W. ZHAO, J. JEGATHEESAN and S. W. LOON, “Exploring IOT Application Using Raspberri Pi,” International Journal of Computer Networks and Applications, vol. 2, no. 1, pp. 27-34, 2015.