Virus Komputer Pertama di Dunia

Seperti yang kita tau bahwa virus komputer adalah program perangkat lunak yang dapat menyusup ke  dalam suatu program komputer dengan berbagai tujuan seperti untuk mengambil data, hingga merusak sistem yang ada dalam komputer.

Istilah lain dari virus komputer adalah Malware (Malicious Software) atau  bisa dikatakan suatu perangkat lunak yang berbahaya. Worm dan Trojan merupakan virus komputer yang cukup umum ditemukan dalam sebuah komputer..

Penyebaran virus komputer tersebut dapat melalui berbagai cara seperti iklan di internet, flashdisk, aplikasi, ataupun melalui  email. Pada mulanya pembuatan virus komputer sebenarnya tidak ditujukan untuk merugikan pihak lain melainkan dikembangkan untuk dapat dipelajari apakah suatu program komputer dapat menggandakan diri secara otomatis tanpa adanya diaktivasi oleh user.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar virus komputer pertama di dunia beserta dengan penciptanya.

  1. The Creeper

Creeper virus komputer pertama yang ada, diciptakan pada tahun 1971 oleh Robert Thomas ketika dia menjadi programmer untuk BBN (Bolt Beranek and Newman Inc., yang sekarang dikenal dengan nama Raytheon BBN Technologies.).

Dalam hal ini virus Creeper dikategorikan sebagai worm. Creeper dirancang tanpa adanya niat jahat, Creeper sebenarnya dirancang sebagai tes keamanan untuk melihat apakah sebuah program yang dapat mereplikasi diri itu mungkin adanya. Creeper sebagai virus hanya  menampilkan sebuah pesan di layar yang bertuliskan “Aku Creeper, tangkap aku kalau bisa!”.

  1. Wabbit Virus 

Pada tahun 1988, seseorang yang dikenal sebagai Bill Kennedy menceritakan sebuah kisah tentang seorang rekan kerjanya yang sedang mengerjakan mainframe IBM OS/360. Yang menulis sebuah program bernama Wabbit. saat dijalankan, virus ini akan memakan sumber daya sistem dan menyebabkan semacam konstipasi sumber daya.

Virus ini memang memiliki niat jahat dan mampu menggandakan dirinya sendiri. Setelah masuk di dalam komputer, dia membuat banyak salinan dari dirinya sendiri tanpa henti, sehingga dapat mengurangi kinerja sistem dan akhirnya membuat mesin crash.

  1. ANIMAL 

Pada posisi ketiga ada virus dengan nama ANIMAL. ANIMAL merupakan virus komputer pertama dari tipe trojan, virus ANIMAL dikembangkan oleh programmer komputer bernama John Walker pada tahun 1975.

ANIMAL merupakan program game komputer tebak-tebakan. Game tebak-tebakan ini berisi 20 pertanyaan yang harus dijawab user. Setelah itu, game tersebut akan menebak kira-kira hewan apa yang sedang dipikirkan oleh pengguna berdasar jawaban atas pertanyaan itu. Namun, Walker membuat PERVADE, yang dipasang sendiri bersama dengan ANIMAL. 

Saat bermain game, PREVADE memeriksa semua direktori komputer yang tersedia untuk pengguna dan kemudian membuat salinan ANIMAL di direktori mana pun yang belum ada. Tidak ada niat jahat di sini, tetapi ANIMAL dan PREVADE sesuai dengan definisi Trojan: Bersembunyi di dalam ANIMAL adalah program lain yang melakukan tindakan tanpa persetujuan pengguna.

  1. Elk Cloner 

Di tahun 1981, Richard Skrenta. Dia adalah pencipta dari Elk Cloner. Butuh dua minggu bagi Richard Skrenta untuk menulis kode  dalam bahasa assembly dan menamakannya Elk Cloner. Virus “boot sector” yang menyebar ketika disk yang tidak terinfeksi digunakan pada komputer yang terinfeksi dan akhirnya  pada komputer lain yang tidak terinfeksi.

Elk Cloner menyebabkan error yang hampir tidak terlihat sampai pada kali ke-50 disket tersebut dipergunakan. Lalu akan terbuka sebuah puisi yang akan muncul pada layar: 

Elk Cloner menyebabkan kesalahan yang hampir tidak terlihat sampai kali ke-50 disket digunakan. Kemudian Elk Cloner akan menampilkan sebuah puisi dalam layar terbuka yang bertuliskan :

“Elk Cloner: The program with a personality

It will get on all your disks

It will infiltrate your chips

Yes, it’s Cloner!

It will stick to you like glue

It will modify RAM too

Send in the Cloner!”

  1. Brain 

Terakhir ada virus yang bernama Brain. virus PC pertama, virus ini diciptakan pada tahun 1986 oleh dua orang bersaudara, Basit dan Amjad Farooq Alvi, yang mengelola toko komputer di Pakistan. Karena kesal dengan pelanggan yang membuat salinan ilegal dari software mereka. Maka, mereka membuat perangkat lunak dan mengembangkan Brain, yang menggantikan sektor boot floppy disk dengan virus. Virus Brain berisi pesan hak cipta tersembunyi, akan tetapi tidak benar-benar merusak data apa pun yang terdapat dalam komputer.

Itulah informasi mengenai virus komputer pertama di dunia dan penciptanya.

References

Arif, P. (2015, March 31). Sejarah Singkat Lahirnya Virus Komputer (Bagian Ke-1). BPPTIK. Retrieved July 13, 2022, from https://bpptik.kominfo.go.id/2015/03/31/1054/sejarah-singkat-lahirnya-virus-komputer-bagian-ke-1/

A Brief History of Computer Viruses & What the Future Holds. (n.d.). Kaspersky. Retrieved July 13, 2022, from https://www.kaspersky.com/resource-center/threats/a-brief-history-of-computer-viruses-and-what-the-future-holds

Ini Dia 5 Virus Komputer Pertama di Dunia dan Penciptanya Halaman all – Kompas.com. (2022, June 12). Kompas Tekno. Retrieved July 13, 2022, from https://tekno.kompas.com/read/2022/06/12/10150007/ini-dia-5-virus-komputer-pertama-di-dunia-dan-penciptanya?page=all#page2

Sejarah Virus Creeper Worm PC Pertama Didunia – blog2. (2021, December 23). blog2. Retrieved July 13, 2022, from http://blog2.bm.uma.ac.id/2021/12/23/sejarah-virus-creeper-worm-pc-pertama-didunia/

Leave a Reply

Your email address will not be published.